Jumat, 30 November 2012

Pemuda Yang Bernasib Sial

berikut terjadi pada jaman dinasti Ching, Pemerintahan raja Tao Kuang, di propinsi Ciang Nan, hiduplah seorang pemuda bernama Cang An Kuo.

Dia mempunyai kepandaian dan keahlian yang luar biasa, namun sayang dia bermoral bejat. Pernah sekali dia merayu dan menggoda seorang gadis untuk tidur dengannya. Setelah orang tua sang gadis itu mengetahuinya, dengan sangat marahnya mereka memaksa putrinya itu untuk membunuh diri.

Cang An Kuo seharusnya dapat lulus ujian negara, karena pejabat pengawas merasa semua sajak-sajaknya sangat indah dan bagus, sehingga berpikir akan menjadikannya sebagai juara pertama, tapi tiba-tiba dari atas langit terdengar suara seseorang dengan nada marah dan mengatakan, “Sejak kapan orang yang mencelakakan dan merusak kesucian seorang gadis, dapat berhasil lulus ujian negara?”

Pengawas itu tiba-tiba pingsan, dan disaat siuman, ternyata kertas ujian Cang An kuo telah robek dan hancur.

Dan setelah pengumuman ujian, pengawas itu menceritakan peristiwa aneh itu kepada Cang An Kuo. Setelah mendengar semua itu, dia barulah benar-benar merasa sadar akan kesalahan yang pernah dia buat.

Cang An Kuo merasa sangat malu dan marah bercampur menjadi satu, sehingga mengakibatkan dia jatuh sakit dan akhirnya menemui ajalnya.

Seorang pemuda yang serba pandai, akhirnya tewas dalam keadaaan yang sangat mengenaskan. Bukankah ini amat sayang?

Penyair Po Yin Ci pernah membuat sajak :

“Terlena oleh sex dan nafsu, menyebabkan bencana,
Kehilangan jabatan dan kemewahan yang tersedia,
Setelah diteliti barulah tahu, berzinah penyebabnya,
Neraka api kembali menjadi kampung halamannya.”

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes